Thursday 13 June 2019

Belajar MYOB ACCOUNTING #4


1. Membuat kartu piutang (customer) dan utang (supplier)
  • Masuk menu card file – card list – customer – new – tekan tab – isi ID – isi alamat dll sesuai soal, kecuali saldo piutang – klik selling detail – atur terminnya – OK
  • Masuk modul card file – card list – supplier – new – tekan tab – isi ID – isi alamat dll sesuai soal, kecuali saldo utang – klik buying detail – atur terminnya – OK
  • Termin COD digunakan apabila customer/supplier menggunakan termin tunai saat transaksi
  • Termin In a Given of Days digunakan apabila customer/supplier menggunakan syarat pembayaran missal 2/10, n/30. Discount day diisi 10, Balance due days diisi 30, %discount early payment diisi 2%.
2. Membuat kartu persediaan (merchandise inventory)
  • Masuk menu Inventory – item list – New
  • Isikan Profile : isikan data barang yang dibeli dan dijual tersebut seperti :
      o Item Number : kode barang (maks 30 karakter)
      o Name : nama barang (maks 30 karakter)
      o I Buy This Item : aktifkan jika barang tersebut dibeli
      o I Sell This Item : aktifkan jika barang tersebut dijual
      o I Inventory This Item : aktifkan jika barang tersebut di stock
      o Cost of Sales Account : akun Harga Pokok Penjualan
      o Tracking Sales : akun Penjualan
     o Item Inventory : akun Persediaan Barang
     o Tentukan Buying Details
     o Standard Cost : harga pokok standar
     o Buying unit of Measure : satuan pembelian (PCS)
     o Tax Code When Bought : kode pajak saat dibeli (P10)
     o Tentukan Selling Details
     o Base Selling Price : harga jual dasar
     o Selling unit of Measure : satuan unit penjualan (PCS)
    o Tax Code When Bought : kode pajak saat dijual (P10)
  • Klik OK.















3. Membuat Item Baru (Asuransi):
Apabila ada pengenaan Asuransi setiap transaksi penjualan kepada pelanggan, maka setiap terjadi penjualan kita akan mengenakan tambahan Piutang dan dicatat sebagai Utang Asuransi. berikut langkah-langkah untuk membuat item baru (Asuransi).
  • Klik Tombol New di dalam tampilan jendela Item Lists
  • Profile : isikan data barang yang dibeli dan dijual tersebut seperti :
     • Item Number : kode asuransi
     • Name : nama asuransi
     • I Sell This Item : aktifkan pilihan ini karena akan ditampilkan di isian Enter Sales
     • Tracking Sales : akun Utang Asuransi
     • Selling Details : isikan data barang yang dibeli dan dijual tersebut seperti :
     • Base Selling Price : kosongkan
     • Selling unit of Measuer : kosongkan
     • Tax Code When Sold : pilih P10
  • Klik Ok, jika sudah selesai membuat item.







4. Mengisi saldo awal akun
Berikut adalah langkah-langkah untuk mengisikan saldo awal akun :
  • Klik Setup – balances – account opening balances – isi masing-masing saldo sesuai neraca saldo pada soal hingga angka amount be allocated menunjukkan angka 0.
  • Akun-akun yang saldo normalnya di debet tapi bernilai negative (sebaliknya), awali tanda (-) sebelum menuliskan angka saldonya (contoh : allowance for doubtful debt)
  • Akun-akun yang saldo normalnya di kredit tetapi bernilai sebaliknya, awali tanda (-) sebelum menuliskan angka saldonya (contoh : prive)
  • Jika sudah balance, maka out of balancenya akan 0
5. Mengisi saldo awal piutang Customer
Berikut adalah langkah-langkah untuk menambahkan saldo awa piutang :
Klik Setup –> balances –> customer balances – > pilih customer pada customer detail –> add sale –>
tekan tab – isi tanggal sesuai soal – isi memo dengan saldo awal piutang – total including tax diisi dengan saldo piutangnya – ganti tax code dengan PPN – record
6. Mengisi saldo awal utang
Setup – balances – supplier balances – pilih supplier pada supplier detail – add purchase – tekan tab – isi tanggal sesuai soal – isi memo dengan saldo awal utang – total including tax diisi dengan saldo utangnya – ganti tax code dengan PPN – record
7. Mengisi saldo awal persediaan
  • Masuk menu inventory – adjust inventori
  • Lalu isikan data saldo awal barang
     1- Inventory Journal Number : otomatis diisikan oleh MYOB
     2- Date : tanggal saldo awal (1 Desember 2009)
     3- Memo : keterangan saldo awal yang muncul di buku besar
     4- Item Number : tekan enter, lalu pilih kode barang
     5- Quantity : isikan kuantitas barang (saldo awal)
     6- Unit Cost : isikan harga pokok per unit untuk setiap barang
     7- Amount : otomatis diisikan dari perkalian qty x harga pokok
     8- Account : tekan enter, pilih akun buku besar persediaan barang
     9- Memo : isikan detail keterangan tambahn disetiap barang
     10- Record : tombol untuk memposting transaksi ke buku besar, sebelumnya tekan tombol Ctrl R di keyboar untuk melihat efek jurnal dari transaksi Adjust Inventory ini.