1. Membuat kartu piutang (customer) dan utang (supplier)
Masuk menu card file – card list – customer – new – tekan tab – isi ID – isi alamat dll sesuai soal, kecuali saldo piutang – klik selling detail – atur terminnya – OK Masuk modul card file – card list – supplier – new – tekan tab – isi ID – isi alamat dll sesuai soal, kecuali saldo utang – klik buying detail – atur terminnya – OK Termin COD digunakan apabila customer/supplier menggunakan termin tunai saat transaksi Termin In a Given of Days digunakan apabila customer/supplier menggunakan syarat pembayaran missal 2/10, n/30. Discount day diisi 10, Balance due days diisi 30, %discount early payment diisi 2%.
2. Membuat kartu persediaan (merchandise inventory)
Masuk menu Inventory – item list – New Isikan Profile : isikan data barang yang dibeli dan dijual tersebut seperti :o Item Number : kode barang (maks 30 karakter)o Name : nama barang (maks 30 karakter)o I Buy This Item : aktifkan jika barang tersebut dibelio I Sell This Item : aktifkan jika barang tersebut dijualo I Inventory This Item : aktifkan jika barang tersebut di stocko Cost of Sales Account : akun Harga Pokok Penjualano Tracking Sales : akun Penjualano Item Inventory : akun Persediaan Barango Tentukan Buying Detailso Standard Cost : harga pokok standaro Buying unit of Measure : satuan pembelian (PCS)o Tax Code When Bought : kode pajak saat dibeli (P10)o Tentukan Selling Detailso Base Selling Price : harga jual dasaro Selling unit of Measure : satuan unit penjualan (PCS)o Tax Code When Bought : kode pajak saat dijual (P10)
Klik OK.
3. Membuat Item Baru (Asuransi):
Apabila ada pengenaan Asuransi setiap transaksi penjualan kepada pelanggan, maka setiap terjadi penjualan kita akan mengenakan tambahan Piutang dan dicatat sebagai Utang Asuransi. berikut langkah-langkah untuk membuat item baru (Asuransi).
Klik Tombol New di dalam tampilan jendela Item Lists Profile : isikan data barang yang dibeli dan dijual tersebut seperti :• Item Number : kode asuransi• Name : nama asuransi• I Sell This Item : aktifkan pilihan ini karena akan ditampilkan di isian Enter Sales• Tracking Sales : akun Utang Asuransi• Selling Details : isikan data barang yang dibeli dan dijual tersebut seperti :• Base Selling Price : kosongkan• Selling unit of Measuer : kosongkan• Tax Code When Sold : pilih P10
Klik Ok, jika sudah selesai membuat item.
4. Mengisi saldo awal akun
Berikut adalah langkah-langkah untuk mengisikan saldo awal akun :
Klik Setup – balances – account opening balances – isi masing-masing saldo sesuai neraca saldo pada soal hingga angka amount be allocated menunjukkan angka 0. Akun-akun yang saldo normalnya di debet tapi bernilai negative (sebaliknya), awali tanda (-) sebelum menuliskan angka saldonya (contoh : allowance for doubtful debt) Akun-akun yang saldo normalnya di kredit tetapi bernilai sebaliknya, awali tanda (-) sebelum menuliskan angka saldonya (contoh : prive) Jika sudah balance, maka out of balancenya akan 0
5. Mengisi saldo awal piutang Customer
Berikut adalah langkah-langkah untuk menambahkan saldo awa piutang :
Klik Setup –> balances –> customer balances – > pilih customer pada customer detail –> add sale –>tekan tab – isi tanggal sesuai soal – isi memo dengan saldo awal piutang – total including tax diisi dengan saldo piutangnya – ganti tax code dengan PPN – record
6. Mengisi saldo awal utang
Setup – balances – supplier balances – pilih supplier pada supplier detail – add purchase – tekan tab – isi tanggal sesuai soal – isi memo dengan saldo awal utang – total including tax diisi dengan saldo utangnya – ganti tax code dengan PPN – record
7. Mengisi saldo awal persediaan
Masuk menu inventory – adjust inventori Lalu isikan data saldo awal barang1- Inventory Journal Number : otomatis diisikan oleh MYOB2- Date : tanggal saldo awal (1 Desember 2009)3- Memo : keterangan saldo awal yang muncul di buku besar4- Item Number : tekan enter, lalu pilih kode barang5- Quantity : isikan kuantitas barang (saldo awal)6- Unit Cost : isikan harga pokok per unit untuk setiap barang7- Amount : otomatis diisikan dari perkalian qty x harga pokok8- Account : tekan enter, pilih akun buku besar persediaan barang9- Memo : isikan detail keterangan tambahn disetiap barang10- Record : tombol untuk memposting transaksi ke buku besar, sebelumnya tekan tombol Ctrl R di keyboar untuk melihat efek jurnal dari transaksi Adjust Inventory ini.